Minggu, 06 September 2015

Tips untuk pendaki

Buat yang belum pernah mendaki gunung banyak yang beranggapan
mendaki gunung itu mudah. Dalam pendakian gunung tentu saja harus membawa peralatan yang mendukung untuk kegiatan tersebut disamping itu juga harus mempersiapkan manajemen pendakian, seperti fisik dan mental. kemudian yang paling penting yaitu peralatan dasar atau standar untuk pendakian gunung. Peralatan yang harus dibawa juga harus menyesuaikan kemana, dimana, berapa lama dan dengan siapa. Yang pastinya fleksibel. Ya jangan anggap remeh mendaki gunung deh dampaknya bisa fatal. Berikut beberapa tips sebelum mendaki gunung:



Hiking Bareng Temen
Jika kamu baru pertama kali akan mendaki, sebaiknya kamu pergi bersama teman yang sudah berpengalaman dan ahli mendaki gunung. Atau kamu juga bisa ikut bergabung dengan komunitas pecinta alam. Ya supaya saling bahu membahu  menaklukkan jalan yang terjal di gunung sehingga perjalanan kalian menuju puncak gunung jadi lebih mudah. Dengan mendaki gunung beramai-ramai, perjalanan jadi semakin menyenangkan dan kamu bisa lebih kenal dekat dengan teman-teman satu komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dalam hal pendakian gunung.


Pilih Tujuan untuk Mendaki
Banyak gunung-gunung di Indonesia yang bisa kita daki kapan saja. Tapi bagi para pemula sebaiknya  pilih gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur pendakian yang landai dan juga tidak curam. Seperti gunung Putri di Bandung, gunung Papandayan di Garut, gunung Gede di Cianjur, gunung Andong di Magelang dan banyak gunung-gunung lainnya yang dianjurkan untuk pendaki pemula.


Persiapan Fisik
Bagi para pendaki fisik sangat penting dalam kegiatan pendakian, pastikan fisik prima saat melakukan perjalanan di gunung. Sebelum pendakian ada baiknya jika sering melakukan olah fisik seperti jogging dan kegiatan fisik lainnya. Jangan berani-berani nekat tanpa memperhatikan kondisi jika kondisi kesehatan buruk maka akan terjadi hal yang fatal.


Peralatan yang Harus Dibawa
Berikut peralatan dasar atau standar yang harus dibawa ketika pendakian:
1. Tas Carrier / Ransel menjadi salah satu yang terpenting dalam pendakian. Pemilihan tas carrier   harus tepat agar dapat memudahkan perjalanan kita. Kalau bisa usahakan cari tas carrier yang berkualitas baik dan teruji kualitasnya.
2. Tas Punggung (daypack) untuk yang satu ini bisa dibawa bisa juga tidak. Tapi sangat dianjurkan untuk pendakian  medan summit attack yang berat seperti di Gunung Semeru atau Gunung Slamet.
3. Kantong Plastik / Trash bag fungsinya untuk membawa barang bawaan kita agar tetap kering. Walaupun ada carrier yang sudah didesain tahan air tapi pada kenyataannya barang yang dibawa tetap saja bisa basah.
4. Jaket Gunung usahakan cari jaket gunung yang tebal
5. Pakaian ganti kalau yang ini bawa secukupnya saja. Untuk berjaga-jaga apabila pakaian yang kita pakai basah atau kotor. Saran jangan pakai pakaian yang berbahan jeans karena tidak mudah kering jika basah dan ribet jika hujan
6. Rain coat / Ponco yang satu ini sangat disarankan untuk dibawa karena kita tidak tahu kondisi alam bisa saja langit cerah tiba-tiba hujan.
7. Sepatu gunung usahakan cari sepatu gunung yang nyaman untuk perjalanan
8. Sandal
9. Kaos Kaki untuk yang ini jangan lupa bawa cadangan


10. Gaiter (untuk jalur yang banyak pasir dan bebatuan kecilnya) kaya   Gunung Slamet dan Gunung Semeru.

11. Tenda hendaknya dapat menampung seluruh anggota pendakian (team) dan kalau bisa jangan lebih ataupun kurang (pas-pas aja) biar udara yang berada didalam hangatb. 

12. Sleeping Bag (SB) Selain jaket, sleeping bag akan menjadi peralatan andalan untuk mengusir hawa dingin yang menyerang tubuh kita.



13. Peralatan Makan dan Masak
     >Peralatan masak terdiri dari kompor dan bahan bakar, nesting, wadah air, dsb. Harap diperhatikan, jika memungkinkan bawalah alternatif dari alat masak yang Anda bawa. Jika anda memilih kompor gas portable, saya sarankan Anda juga membawa parafin atau bahan bakar lainnya. Jika sewaktu-waktu kompor yang kita bawa rusak kita tidak perlu khawatir karena kita sudah punya penggantinya. 
    > Piring, sendok, garpu, gelas, dan lain sebagainya.

14. Logistik
     Usahakan kita membawa logistik yang cukup dan jika perlu bawa lebih. Kita pasti tidak ingin mendaki gunung dalam keadaan perut keroncongan bukan? Apa aja yang musti dibawa? Sebagai gambaran saya biasa membawa beras, mie instan, tempe, agar – agar swallow, roti, susu, teh, kornet, kopi, minyak goreng, ikan asin, gula merah, cabe, bawang merah, bawang putih, jengkol / pete (yang terakhir tidak disarankan buat pemula) dll (mau buka warteg kali ya disana). Semua yang  saya sebutkan di atas adalah menu dari seorang  pendaki yang gampang laper seperti saya ini. Kalo masih ada uang dan mau bawa tambahan makanan lebih juga lebih bagus dan g masalah, siapa tau makanannya g habis dan pas banget ketemu sama saya kan bisa dibagi.
15. Topi, Sarung Tangan Topi bisa berguna untuk melindungi kepala dan tengkuk
belakang dari terik matahari. Dan sarung tangan dapat menjaga agar tangan kita tetap
hangat.

16. Perlengkapan lain - lain.
    Headlamp atau Senter, beserta baterai dan bohlam cadangan, Survival Kit, Obat-obatan (Wajib), Tissu Toilet, Lilin, Korek Api, Pisau Lipat Serbaguna dan parang, Benang Jahit sama Jarum, Kamera Pastinya buat mengabadikan keindahan alam disana, Perlengkapan Pribadi lainnya seperti : pakaian dalam, odol, sikat gigi, shampo,  sabun mandi, uang,    handphone, KTP, ATM, 


okehh itu saja yang dapat saya tulis
selamat mencoba... Hiking :)
diambil dari berbagai sumber