Sabtu, 12 September 2015

Gunung di Jawa yang cocok untuk para pendaki pemula

Kegiatan pendakian merupakan kegiatan yang
mengasikan tapi sekaligus beresiko. Survival, manajemen perjalanan merupakan pengetahuan yang perlu dimiliki untuk setiap pendaki dan banyak pengetahuan lainnya juga yang perlu dimiliki. Iyyyaa bagi sobat-sobat pendaki pemula alangkah baiknya jika memilih gunung yang jalurnya tidak terlalu terjal dan tidak terlalu tinggi. Berikut nama-nama gunung yang cocok bagi para pendaki pemula:
Gunung Papandayan
Gunung papandayan terletak di kabupaten garut jawa barat. Dengan ketinggianya yang hanya 2.665 mdpl membuat gunung ini cocok untuk para pendaki pemula. Di gunung papandayan anda bisa pondok selada ataupun di tegal alun. Yang menarik di gunung papandayan ini adalah adanya hutan mati yang dipenuhi pohon tanpa daun.
Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango terletak di 3 wilayah yaitu bogor, cianjur dan sukabumi. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Di sepanjang jalur pendakian sobat akan menemukan tempat-temat menarik seperti Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, air panas dan alun alun surya kencana. Nah, dialun alun surya kencana ini sobat akan menemukan ribuan pohon edelweis. 
Gunung Ungaran
Gunung Ungaran ini terletak di tengah kota ungaran yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten semarang. Di lereng gunung ungaran juga terdapat tempat-tempat menarik yang bisa sobat kunjungi. Tempat-tempat tersebut diantaranya candi gedong songo, umbul sidomukti, dan juga curug benowo. Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl dan memilki 3 puncak sejajar yaitu botak, gendol dan ungaran.
Gunung Ijen
Gunung ijen terletak diujung timur pulau jawa yaitu di kabupaten banyuwangi. Keindahan dari gunung ijen terletak di kawahnya yang juga bernama kawah ijen. Angka PH atau derajat keasaman di kawah ijen bisa mencapai 0 sehinggakawah ini dapat melarutkan tubuh manusia. Namun dibalik itu kawah ini menyimpan pesona yang luar biasa indahnya. Bukan hanya pendaki pemula saja namun pendaki profesionalpun tak mau ketinggalan untuk menikmati indahnya kawah ijen. Gunung ijen memiliki ketinggian 2443 mdpl.
Gunung lawu
Terletak di perbatasan jawa tengah dan jawa timur, gunung lawu terletak di dua wilayah yaitu kabupaten karanganyar dan kabupaten magetan. Jalur cemoro sewu mungkin adalah pilihan yang tepat untuk pendaki pemula. Disepanjang jalur cemoro sewu batu-batu sudah tersusun hingga membentuk seperti tangga sehingga memudahkan pendaki. Uniknya di bawah puncak ada sebuah warung yang menjajakan aneka makanan. Warung milik mbok yem tersebut sudah sangat populer dikalangan pendaki gunung. Gunung lawu cukup tinggi yaitu 3.265 mdpl dan memiliki 3 puncak yaitu hargo dumilah, hargo dalem dan hargo dumiling. Ketika malam satu suro tiba maka gunung lawu dipenuhi oleh masyarakat setempat untuk melakukan ziarah. 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

siipp perlu dicoba nihhh